Jumat, 03 Februari 2012

Rahasia Formasi Ampuh Barca Racikan Mr.Pep

BARCELONA - Gerard Pique secara blak-blakan mengungkapkan rahasia formasi Barcelona di musim 2011/2012 ini. Siapa sangka, ternyata formasi ini ditemukan oleh Guardiola ketika masa pra musim karena permainan Barcelona terlalu mudah ditebak.

  Kiprah Barcelona di musim 2010/2011 menghasilkan trofi Liga Champions dan La Liga Primera. Walau begitu, hal tersebut tidak membuat Guardiola puas sehingga dirinya menciptakan bentuk formasi baru yang membuat Los Azulgrana tampil lebih ofensif.

“Kami memulai musim ini dengan masa pra musim, dan pelatih (Guardiola) mendapatkan ide karena dia merasa kami telah terlalu mudah ditebak, setiap orang mengetahui kami dan bermain dengan setiap orang di belakang bola,” ujar Pique, dilansir dari Sporting Life, Rabu, (25/1/2012).

“Ide dibalik formasi 3-4-3 adalah agar kami lebih bermain menyerang, memberikan kami lebih banyak penguasaan bola, dan membantu kami menciptakan lebih banyak peluang mencetak gol,” tambahnya.

Formasi ini memang mumpuni, karena dengan 3-4-3, Barcelona kerap meraih kemenangan dengan skor besar, dimana yang paling akbar adalah membantai Malaga 4-1 akhir pekan lalu. Walau begitu, formasi ini memiliki efek samping untuk para pemain El Barca.

“Anda harus lebih banyak berlari. Setelah pertandingan, anda akan merasa lebih lelah karena anda telah melakukan lebih banyak serangan, dan anda tertarik ke area yang lebih lebar,” paparnya.

Pique sendiri secara personal mengaku menyukai formasi ini dengan mengatakan,”Ini seperti memberikan hukuman lebih banyak kepada para bek tengah. Itulah yang dikatakan (tentang formasi tersebut), dan ini hal yang sangat bagus untuk saya secara pribadi, karena membuat saya lebih bebas.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar